Pura Mengening Daerah Bali

Pura Mengening Daerah Bali

Wisataasik.info – Pernahkah Anda mendengar tentang Kuil Mengening di Tampaksiring, Bali? Lokasi persisnya di Jalan Tirta, Sareseda. Kuil itu, yang merupakan salah satu cagar budaya pulau Allah, cukup jauh dari jalan raya. Suasana di sekitarnya sangat sepi, tidak ada suara khas dari jalan.

Tak Ada Tiket Masuk
ak ada tiket masuk untuk memasuki kawasan cagar budaya ini. Teman Traveler cukup mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sesuai kemampuan. Ada kalanya penjaga tak memungut biaya sama sekali untuk WNI, namun tak jarang pula mereka menentukan sumbangan minimal Rp20.000 untuk turis asing.

Menjelajah Pura Sembari Kenakan Sarung
Begitu rampung mengisi daftar isi, jangan lupa mengenakan sarung. Jika tak membawa, Teman Traveler bisa meminjam ke penjaga pura. Berikutnya kalian tinggal masuk dan menuruni ratusan anak tangga hingga sampai di depan kolam ikan berukuran lumayan besar. Keberadaan kolam ini membuat panorama sekitar terasa semakin sejuk. Apalagi kawasan sekitar pura didominasi pepohonan hijau berukuran besar. Benar-benar memanjakan mata.

Baca juga : Pulau Kenawa Daerah Sumbawa Barat

Bisa Digunakan untuk Mandi
Turun lagi, Teman Traveler akan menemukan kolam lain yang dibagi menjadi dua bagian, laki-laki dan perempuan. Air di sini sangat jernih dan menyegarkan. Warga sekitar biasa menggunakannya sebagai tempat mandi atau membersihkan diri saat hari raya besar. Jika kalian ingin mandi di sini, wajib mengenakan sarung khusus. Namun demikian ada banyak anak tangga menuju kolam. Semuanya berlumut dan licin. Jadi Teman Traveler harus hati-hati agar tidak terpeleset, terutama setelah hujan dan dalam kondisi basah. Saya sendiri begitu antusias melihat jernihnya air di kolam ini, sehingga sempat jatuh terpelanting. Teman Traveler jangan sampai mengalami hal sama ya.

Bukan Destinasi Mainstream
Seperti biasa, lantaran Pura Mengening bukan wisata Bali mainstream dan jarang diketahui, suasana di sekitarnya cukup hening. Pura ini bisa jadi pilihan bagi Teman Traveler yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota.

Related posts