Fakta Menarik Dari Wisata Jembatan Gantung Situgunung Dari Sukabumi

Fakta Menarik Dari Wisata Jembatan Gantung Situgunung Dari Sukabumi

Wisataasik.info –¬†Saat ini Jembatan Gantung Situgunung telah menjadi salah satu objek wisata yang ikonik di Sukabumi, Jembatan Gantung Situgunung telah sukses menarik minat banyak wisatawan dari berbagai daerah. Pada tanggal 25 Agustus 2019 kemarin, Jembatan Gantung Situgunung menjadi salah satu lokasi yang dilintasi dalam event Situgunung Trail Run 2019.

Situgunung Trail Run 2019 sendiri merupakan acara yang diadakan oleh Arkadia Digital Media di kawasan Situgunung, Taman Nasional Gunung Pangrango dalam rangka memeringati HUT RI ke-74 dan hari jadi Sukabumi ke-105. Meski begitu, sudah tahukah kamu tentang keistimewaan Jembatan Gantung Situgunung? inilah fakta tentang Jembatan Gantung Situgunung yang menjadi favorit banyak wisatawan.

1. Dibangun dengan dana yang tak sedikit demi struktur konstruksi yang kuat dan aman

Sebagai ikon wisata di Sukabumi, tak heran jika Jembatan Gantung Situgunung atau Situgunung Suspension Bridge menghabiskan dana yang tak sedikit. Pembangunan jembatan gantung yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup dan pihak swasta ini dilakukan sejak bulan Mei 2017. Dana yang tak sedikit dibutuhkan agar Jembatan Gantung Situgunung dapat menjadi jembatan yang berkualitas serta aman dikunjungi wisatawan.

Baca Juga : Taman Edelweiss Destinasi Wisata Hits dan Instagramable di Bali

2. Dibuat dengan kayu ulin dari Papua

Salah satu faktor yang membuat jembatan gantung ini kokoh adalah bahan dasarnya yang berupa kayu ulin atau kayu besi. Kayu ulin ini dikirim langsung dari Papua dan dipilih karena memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, kayu ulin atau kayu besi ini lebih tahan perubahan suhu dan kelembapan, berat dan keras, serta tidak mudah dimakan rayap.

3. Hanya bisa dilewati 40 pengunjung meski kapasitasnya 55 ton

Terlepas dari struktur konstruksi yang kokoh dan konon dapat menampung berat hingga 55 ton, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi wisatawan saat naik ke jembatan gantung ini. Pertama, Jembatan Gantung Situgunung hanya dapat dinaiki 40 pengunjung saja dalam waktu bersamaan. Selain itu, pengunjung yang berada di atas jembatan juga dilarang untuk berlari atau melompat-lompat demi keselamatan bersama.

4. Salah satu yang terpanjang di Asia

Jembatan Gantung Situgunung memiliki panjang 243 meter dan ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah. Dari atas jembatan gantung ini, wisatawan dapat melihat jurang yang ada di bawah hingga area Curug Sawer dan Danau Situgunung. Tak heran, jembatan ini pun disebut-sebut sebagai salah satu jembatan terpanjang di Asia.

Selain Jembatan Gantung Situgunung, ada jembatan Sungai Longjiang di China yang punya panjang 2,4 km. Kemudian, ada juga Pearl Bridge di Jepang yang merupakan jembatan terpanjang di Asia dengan panjang 3,9 kilometer. Sementara, Jembatan Gantung Situgunung sendiri merupakan yang terpanjang di Indonesia.

Related posts