Indahnya Lombok Timur Yang Tersembunyi

Indahnya Lombok Timur Yang Tersembunyi

wisataasik.info Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Indahnya Lombok Timur Yang Tersembunyi Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Indahnya Lombok Timur Yang Tersembunyi

1. Keindahan di ketinggian Sembalun
Sebenarnya tidak adil untuk menulis Sembalun dalam satu bagian saja karena tempat ini memang spektakuler. Sembalun merupakan salah satu pusat wisata di Lombok saat ini. Yang paling terkenal dari kecamatan di Lombok Timur ini adalah bukit-bukitnya yang punya pemandangan luar biasa. Bukit Sembalun dan Pergasingan memberikan pemandangan berupa lembah dan sawah berwarna-warni dengan latar belakang bukit yang indah.

Sembalun juga merupakan salah satu titik pendakian ke puncak Gunung Rinjani dan ke kawahnya, Danau Segara Anak. Hampir semua sisi tempat ini memiliki pemandangan memukau. Bukan cuma alamnya, Sembalun juga kaya akan budaya. Di sini kamu bisa belajar tentang kebudayaan kuno Sembalun di Desa Beleq yang masih punya rumah adat peninggalan berabad silam.

Lokasi: Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

2. Eksotisme Tanjung Bloam yang masih alami
Lombok Timur punya banyak pantai indah, terutama di bagian tenggara. Meski belakangan banyak dilakukan pembangunan jalan, akses ke sebagian pantai di wilayah ini masih sangat sulit. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi jika ke Lombok Timur adalah Tanjung Bloam (kadang juga disebut Tanjung Beloam). Pantai eksotis ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Meski jalan yang bakal dilalui belum mulus, perjalanan ke pantai indah ini akan terbayar lunas setelah kamu sampai.

Ada dua jenis pantai di sini. Yang pertama adalah pantai dengan pasir putih. Tapi yang lebih populer justru pantai dengan gugusan tebing dan batuan yang menjorok ke laut. Seolah ada jembatan alami yang menjadi jalan kamu ke tengah laut. Di ujung batuan itu, ada bukit berbentuk kerucut yang ditumbuhi banyak tanaman hijau. Tempat ini pastinya sangat instagramable. Tapi kamu kudu berhati-hati ya, ombak di sini bisa sangat ganas!

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur.
Harga Tiket: Gratis.

3. Membelah hutan untuk menikmati Air Terjun Mangku Sakti
Kaki Gunung Rinjani merupakan surga bagi pecinta kesegaran air terjun. Ada banyak sekali air terjun indah yang mengelilingi gunung ini, tersebar di empat kabupaten di Pulau Lombok. Di Lombok Timur, kamu bisa menemukan air terjun Mangku Sakti. Konon, air terjun ini merupakan aliran air dari danau di kawah Rinjani, Danau Segara Anak.

Mangku Sakti didominasi oleh banyak batuan dengan aliran air terjun yang deras. Tempat ini bisa terlihat luar biasa, baik dari dekat maupun dari jauh. Kolam di bawah air terjunnya berwarna hijau toska. Airnya adem, pas banget buat basah-basahan dan menghilangkan lelah!Air terjun ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Meski akses ke air terjun ini relatif sulit karena harus melewati hutan, kamu bisa menggunakan jasa ojek atau pemandu berpengalaman, jadi tak perlu khawatir tersesat.

Lokasi: Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.
Harga Tiket: 10,000 hingga 15,000 IDR

4. Gili Kondo, pulau pasir nan menawan
Gili Kondo adalah satu dari gugusan pulau kecil yang berada di Selat Alas. Artinya, pulau-pulau itu berada di antara Lombok dan Sumbawa. Seperti kebanyakan pulau kecil di sekitar Lombok, Gili Kondo juga sangat eksotis. Pulau ini sepenuhnya terdiri dari pasir putih yang bisa tenggelam kalau laut sedang pasang. Gili Kondo yang imut ini paling pas buat kamu pecinta fotografi drone. Sebagai catatan, Gili Kondo ada dua; Gili Kondo Besar dan Gili Kondo Kecil.

Di sekitar Gili Kondo, ada beberapa gili lain yang juga sangat eksotis. Ada Gili Pasir, Gili Pasaran, dan juga Gili Lampu. Kamu bisa mengeksplorasi semua pulau itu dengan mengendarai perahu jukung. Kegiatan asyik yang pas untuk dilakukan di sini adalah snorkeling dan menyelam, Keindahan bawah lautnya sangat menawan karena kondisinya masih perawan, belum banyak disentuh tangan-tangan nakal. Kamu bisa berangkat dan menyewa perahu di Pelabuhan Kayangan.

Lokasi: Labuhan Pandan, Sambelia. Lombok Timur:
Harga Tiket: Bervariasi

5. Tanjung Ringgit, keindahan yang belum tersentuh
Berada di sudut tenggara Lombok, Tanjung Ringgit adalah pantai yang sangat unik. Kamu bisa menemukan berbagai keindahan yang berbeda di sini. Yang pertama ada tebing tinggi yang bertabrakan langsung dengan laut biru. Panorama di sini bakal bikin kamu merasa kecil di tengah bentang alam yang begitu megah. Hati-hati jangan terlalu ke tepi ya, karena tebing ini sangat tinggi!

Lalu ada juga pantai berpasir putih yang cocok untuk rileks. Layaknya pantai berpasir putih lainnya, kamu bisa main air sepuasnya di sini. Ada juga goa raksasa yang menjadi rumah kelelawar. Ketiga tempat ini memang sedikit terpisah, tetapi masih dalam satu lokasi Tanjung Ringgit.

Lokasi: Jl. Lingkok Siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
Harga tiket: Gratis (hanya bayar parkir).

6. Bersantai di rindangnya Pohon Purba Pringgabaya
Deretan pohon tinggi yang tak biasa berjajar di timur laut Lombok. Spesies pohon ini tidak bisa ditemukan di tempat lain di Indonesia, demikian menurut penuturan penduduk setempat. Spesies pohon bernama lian ini memiliki batang yang sangat besar dan tinggi menjulang. Keberadaannya sontak akan mencuri perhatian.Konon pohon ini sudah berusia lebih dari 3,5 abad. Di sini adalah tempat yang sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Udaranya sejuk, tanahnya relatif lapang dengan berbagai gazebo untuk para pengunjung. Lalu, kamu juga bisa berfoto di bawah pohon, dengan latar belakang akar yang sangat lebar. Unik banget, kamu ga akan menemukan keindahan seperti ini di tempat lain.

Lokasi: Dusun Permatan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur.
Harga tiket: 10,000 IDR.

7. Eksplorasi Tetebatu, Ubud-nya Lombok
Tetebatu adalah nama sebuah desa yang berada sisi tenggara kaki Gunung Rinjani. Secara administratif, desa ini memiliki bentuk memanjang dengan pemandangan alam yang luar biasa. Pesona Tetebatu bukan hanya pada keindahan alamnya, tetapi juga pada kekayaan budaya yang masih relatif murni dan belum tercampur dengan modernitas kota. Di salah satu tempat wisata di Lombok Timur ini, kamu bisa melihat tradisi masyarakat Sasak yang sebenarnya.

Tetebatu juga terkenal sebagai Ubud-nya Lombok, terutama karena juga memiliki sawah bertingkat yang indah. Pilihan wisata alam di sini cukup beragam meski belum banyak tersentuh kemajuan. Kamu bisa menjelajah hutan untuk mengamati spesies kera hitam yang pemalu. Ada juga air terjun tersembunyi yang berada di tengah rimbunnya hutan dan aliran sungai yang tenang. Lalu ada juga Lembah Ulem-ulem, sebuah danau di lokasi yang dilindungi.

Lokasi: Desa Tetebatu, Kecamatan Singkur, Kabupaten Lombok Timur.
Harga tiket: Bervariasi

8. Pasir merah muda menyala di Pantai Tangsi
Tak banyak pantai di dunia ini yang memiliki pasir berwarna merah muda alias pink, tapi Indonesia punya beberapa, salah satunya ada di Lombok. Pantai Tangsi yang berada di Jerowaru memiliki warna alami merah muda yang memukau. Warna ini bisa tercipta karena perpaduan antara pasir putih dengan serpihan karang merah yang sudah mati. Di sini, kamu bisa melihat gradasi warna yang tiada duanya. Dimulai dari pasir putih, merah muda, menuju air laut toska, hingga biru gelap di kedalaman.

Pantai ini masih sangat alami, salah satunya karena lokasinya yang terpencil. Medan darat yang relatif berat juga membuat banyak wisatawan memilih datang ke sini melalui jalur laut dengan menyewa perahu. Di salah satu spot wisata Lombok Timur ini belum ada fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan wisatawan, jadi pastikan bawa bekal kalau ke sini. Selain menikmati keindahan langsung di pantai, kamu juga bisa naik ke bukit-bukit di sekitarnya untuk pemandangan yang lebih luas.

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
Harga tiket: 10,000 IDR

9. Menyeberang ke savana Gili Sunut
Masih berada di Sekaroh, Jerowaru, kamu juga bisa menemukan sebuah pulau yang sangat unik; Gili Sunut. Keunikan pertama gili ini adalah aksesnya yang ‘fleksibel’. Saat air laut pasang, Gili Sunut akan terpisah sepenuhnya dari Pulau Lombok. Tapi ketika air surut, kamu bisa berjalan kaki melewati hamparan pasir putih dari Lombok menuju Sunut

Setelah sampai di Gili Sunut, yang pertama kamu temui adalah savana yang mendominasi pulau. Rumput yang tinggi dengan beberapa pohon bakal membuatmu merasa seolah tengah berada di Afrika. Di salah satu sudut terjauh pulau, terdapat pantai berpasir putih yang indah. Kalau kamu menyukai keindahan bawah laut, kamu bisa snorkeling di sini menikmati keindahan terumbu karang di salah satu destinasi wisata ngehits di Lombok Timur ini.

Lokasi: Dusun Temeak, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.
Harga tiket: Gratis

10. Kawah Rinjani dan Segara Anak yang mistis
Mendaki Gunung Rinjani merupakan salah satu aktivitas wisata paling populer di Lombok. Mereka yang punya jiwa petualang mendaki gunung ini karena berbagai alasan. Yang pertama adalah karena aksesnya cukup mudah, ada banyak titik pendakian awal di berbagai kabupaten. Lalu, sepanjang pendakian akan tersaji pemandangan yang luar biasa indah. Bahkan tempat berkemahnya pun begitu istimewa.

Hadiah utama yang dicari para pendaki tentu saja adalah mencapai puncak gunung, turun ke kawah, dan menikmati suasana damai di tepi Danau Segara Anak. Sebagai catatan, lokasi ini dianggap sebagai lokasi suci oleh masyarakat Hindu. Meski Rinjani masih berstatus gunung berapi aktif, namun aktivitas vulkanisnya terus dipantau sehingga pendaki tetap aman.

Lokasi: Jalur pendakian Sembalun (Lombok Timur), Timbanuh (Lombok Utara), Senaru (Lombok Utara), dan Aik Berik (Lombok Tengah).
Harga tiket: 5,000 IDR untuk wisatawan lokal, 150,000 IDR untuk wisatawan asing.

Baca Juga: Bandung Dan Wisata Kerennya

11. Keseruan olahraga air di Pantai Kaliantan
Tempat wisata di Lombok Timur ini adalah pantai yang panjang dengan garis pantai mencapai dua kilometer. Pantainya berwarna putih pucat dan di belakang pantai terdapat vegetasi berwarna hijau. Pantai ini juga tidak terlalu ramai, namun memiliki pemandangan yang bagus. Keistimewaan pantai ini ada di atas air.

Kaliantan adalah pantai yang kerap digunakan sebagai lokasi olahraga air, utamanya kite surfing. Olahraga ini menggunakan papan selancar yang ditarik oleh parasut yang diterbangkan angin. Kebanyakan kite surfer yang berada di sini adalah wisatawan luar negeri. Garis pantai yang luas adalah yang membuat Kaliantan sebagai venue ideal untuk olahraga ini.

Lokasi: Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.
Harga tiket: Gratis

12. Jeruk Manis, air terjun sejuk dan berkhasiat
Air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani. Artinya, lokasinya dilindungi dan gerbang masuknya pun melalui kantor taman nasional. Meski lokasinya cukup jauh, tempat ini cukup mudah dicapai dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa memarkir kendaraan kamu di kantor taman nasional dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan untuk sampai ke lokasi air terjun.

Jarak air terjun ini tidak jauh, sekitar 1,5 kilometer saja. Meski tidak terlalu tinggi, sekitar 20 meter saja, air terjun ini cukup istimewa dipandang mata. Lokasinya seolah berada di sudut tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Masyarakat sekitar percaya bahwa air di sini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, ada legenda yang menyebut air di sini akan menyehatkan dan menumbuhkan rambut kamu.

Lokasi: Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur
Harga tiket: 2,500 IDR untuk wisatawan lokal dan 20,000 IDR untuk wisatawan luar negeri.

13. Hutan bakau alami dan keindahan bawah laut Gili Sulat & Gili Lawang
Dua pulau ini berada di timur laut Lombok dan secara umum masih berada dalam kondisi alami. Gili Sulat adalah pulau sepanjang lima kilometer dengan daya tarik utama berupa hutan bakaunya. Bakau atau mangrove adalah ekosistem penting yang bisa melindungi daratan dari abrasi. Selain itu hutan mangrove juga tempat berkembang biaknya banyak spesies ikan. Gili Sulat memiliki spesies mangrove paling lengkap di Asia Tenggara. Kamu bisa mengeksplorasi hutan ini dengan perahu, menyusuri perairan jernih kehijauan.

Gili Lawang juga memiliki pesona yang sama. Selain mangrove, tempat ini juga adalah lokasi snorkeling ideal. Air di sini sangat jernih dengan visibilitas tinggi. Arusnya tenang dan terumbu karangnya juga masih terjaga dengan baik. Jadi, eksplorasi alam di sini menjadi aktivitas yang wajib kamu coba. Untuk sampai ke kedua pulau ini, kamu bisa menyewa perahu dari Lombok.

Lokasi: Gili Sulat & Gili Lawang, Kabupaten Lombok Timur
Harga tiket: Gratis

14. Pantai Ekas dan Surga, masih perawan
Teluk Ekas di tenggara Lombok memiliki banyak pantai menarik, termasuk Pantai Ekas. Tempat wisata di Lombok Timur ini adalah pantai ‘gersang’ di mana tidak banyak pepohonan yang tumbuh di sana. Garis pantainya panjang; ada yang berpasir putih lembut, berbatu, hingga langsung tebing tinggi. Keberagaman pantai ini menjadi daya tarik utama di Ekas.

Sementara itu, Pantai Surga memiliki pepohonan yang cukup rindang dengan pasir putih yang indah. Pantai ini diapit bukit-bukit hijau nan tinggi, membuatnya terasa seperti pantai eksklusif, terpisah dari pantai lainnya. Seperti kebanyakan pantai di sekitar sini, belum banyak fasilitas yang bisa kamu temukan, tapi keindahan alamnya memang memukau banget!

Lokasi: Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
Harga tiket: 10,000 IDR.