Destinasi Tempat Wisata di Lampung

Destinasi Tempat Wisata di Lampung

Wisataasik.info –¬†Meski kalah populer dibanding Bangka Balitung, Lampung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah. Hampir semua ada di sana. Mulai dari wisata alam dengan pantai, gunung, dan air terjun, hingga wisata kekinian seperti spot selfie.

Seiring berjalannya waktu, destinasi-destinasi baru dan seru pun semakin banyak bermunculan. Di antaranya kami akan membahas mengenai beberapa tempat wisata di Lampung yang lagi hits dan tentunya wajib untuk kamu kunjungi di bawah ini:

1. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran
Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu jamah.

Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Hanya saja untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20 ribu per lokasi.

Alamat: Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.
HTM: Rp10 ribu per orang (belum termasuk biaya masuk wahana lain).

2. Bendungan Margotirto, Gisting
Bendungan di daerah Gisting ini sebenarnya adalah bangunan sisa pemerintahan kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1930-an. Bendungan Margo Tirto sempat viral di media sosial, karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya.

Kini tempat yang dinamai Kampung Air Margotirto ini berubah menjadi tempat wisata dan dilengkapi kolam panjang berukuran 80×30 meter hingga sepeda bebek kayuh.

Alamat: Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
HTM: Rp3.000 per orang.

3. Danau Suoh, Lampung
Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Danau Suoh yang jadi langganan penikmat alam sekaligus pemburu foto.

Kawasan ini terdiri dari empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya, seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang.

Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto di sana.

Alamat: Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung.
HTM: Gratis

4. Muncak Teropong Laut
Muncak Teropong Laut memungkinkan kamu menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian. Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian indah seiring datangnya senja.

Ada sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Sekilas, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung.

Alamat: Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.
HTM: Rp5.000 (motor), Rp10 ribu (mobil).

5. Kebun Karet Trikora
Perkebunan Karet Trikora yang ada di Lampung Selatan ini katanya mirip banget dengan pemandangan di Korea Selatan. Pohon-pohon karet di kanan dan kiri jalan saling bertautan, membentuk terowongan alami yang keren dan Instagramable.

Gak salah kalau tempat ini sering jadi jujugan anak-anak muda lampung buat hunting foto, mulai dari sekadar isi feed Instagram sampai kebutuhan pre wedding. Area perkebunan ini di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Serunya lagi, kamu bisa melihat proses penyadapan karet dan pembekuannya. Jadi bisa wisata sekaligus belajar hal baru, deh.

Alamat: Desa Rejomulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan.
HTM: Gratis

Baca Juga : Destinasi Wisata Paling Hits di Solo

6. Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus
Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada akhir 2016 lalu sebagai salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap oke. Tempat ini memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok buat yang ingin berfoto di dalam air.

Alamat: Umbul Buah Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Lampung.
HTM: Gratis

7. Bukit Kumbang, Bakauheni
Di Puncak Bukit Kumbang terdapat sebuah kuil milik sepasang suami istri etnis Tionghoa yang berasal dari Cilegon, Banten. Meski kuil tersebut mereka kelola secara pribadi, tapi keindahannya kerap mengundang orang untuk berkunjung.

Karena berada di puncak bukit, kamu perlu trekking dengan medan yang cukup curam. Meski begitu, pemandangan birunya laut dari atas bukit akan jadi imbalan setimpal dari perjalananmu.

Alamat: Bukit Kumbang, Desa Sumur, Bakauheni.
HTM: Gratis

Related posts