10 Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba

10 Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba

wisataasik.info – 10 makanan khas Medan yang wajib kamu coba, Makanan khas Batak juga tidak kalah menarik dan lezatnya di bagian Pulau Sumatera ini, walupun tidak sepopuler Padang dan Aceh. Namun makanan dan oleh-oleh dari Kota Medan/Kota Deli ini termasuk makanan dengan rasa yang enak dan lezat. Yuk kita simak 10 makanan khas Medan yang bisa dibuat oleh-oleh dan sangat terkenal.

1. Bika Ambon, kue khas Medan.
Bika Ambon banyak dikira orang kalau berasal dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya Bika Ambon yaa? Belum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa Bika Ambon. Nah, Bika Ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya Bika Ambon saat masih hangat.

Baca juga : 11 Hal Menarik yang harus Dilakukan di Danau Toba

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu deh. Memang benar beda loh, walaupun makan Bika Ambon saat sudah dingin tetapi rasanya enaknya gak bakal hilang kok. Tapi makan Bika Ambon hangat itu jauh lebih enak, cobain deh kalau tidak percaya.

2. Durian Medan.
Kamu pasti tahu dengan buah yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan kenikmatan rasa saat memakannya. Buah ini sangat istimewa loh, oleh karena itu buah ini harganya juga lumayan mahal daripada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di Kota Medan ini.

3. Bolu Meranti, oleh-oleh khas Medan.
Kuliner khas lainnya yang bisa kamu coba ketika mendatangi Kota Medan yaitu Bolu Merantai. Makanan bolu dari Medan ini memiliki berbagai varian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yakni kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bulu rasa abon ayam. Kalau kamu berkujung ke Medan lalu bingung mau beli oleh-oleh apa, coba saja Bolu Meranti ini. Udah banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh dari Medan.

4. Soto Medan.
Hampir di setiap daerah Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya. Di Medan ternyata juga ada makanan soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya adalah soto Medan. Meskipun sama-sama soto, tetapi soto medan mempunyai satu cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya. Patut kamu cobain deh.

5. Pancake Medan, camilan khas Medan.
Pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian. Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pancake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau sudah ada yang menjualnya di sana.

6. Kopi Sidikalang.
Bagi kamu pencinta kopi, jangan sampai melewatkan kopi yang satu ini. Jika kalian berkunjung ke Kota Medan ada salah satu kopi yang cukup terkenal, namanya Kopi Sidikalang. Sekadar info, kopi ini sebenarnya berasal dari daerah Sidikalang yang memiliki ketinggian 1472 meter di atas permukaan laut. Kopi yang dihasilkan dari daerah ini tentu saja memiliki kualitas yang baik. Rasa yang dihasilkan pun kuat karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Cocok banget deh buat kamu yang pencinta kopi.

7. Kue Ombus-ombus.
Makanan dari Batak yang berasal dari Siborong-Siborong, Tapanuli Utara ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Kue Ombus-ombus bisanya ada di saat acara besar dalam kebudayaan Batak, namun mendapatkan jajanan ini untuk dibuat oleh-oleh sangatlah mudah kok.

8. Lemang, makanan khas Medan.
Lemang ini makanan khas Tebing Tinggi jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Tapi kamu gak usah jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi untuk mendapatkan makanan ini, di Medan juga sudah ada yang jual kok. Lemang ini dimasak dengan cara yang unik yaitu dengan cara dibakar di atas bara api sampai matang. Kalau kamu penasaran, cobain saja makanan ini.

9. Kacang Sihobuk.
Kalau lagi ngumpul gak enak ya kalau gak ada cemilannya. Nah, buat kamu yang suka ngemil saat kumpul-kumpul nih, coba deh cari makanan yang satu ini yaitu Kacang Sihobuk ini. Gak usah bingung buat beli cemilan yang satu ini, walaupun makanan ini dari Medan tetapi makanan ini sudah ada di beberapa daerah Indonesia. Kacang Sihobuk sebenarnya berasal Desa Sihobuk Tarutung Tapanuli Utara. Rasa kacang ini khas, ada manis-manisnya gitu deh, ditambah gurih yang pas. Cara memasak kacang ini juga unik, yaitu menggunakan pasir.

10. Kue Lupis Medan, jajanan khas Medan.
Di Indonesia, yang namanya kue lupis ada beberapa macam dan salah satunya adalah kue lupis Medan. Kue lupis Medan memang sangatlah berbeda dengan kue lupis dari Jawa. Kalau Kue Lupis Jawa itu terbuat dari tepung beras yang sudah dihaluskan dan lalu di dalamnya di tambahkan pisang ambon dan nangka yang sudah matang. Sedangkan kue lupis Medan adalah makanan khas dari Kota Medan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, biasanya dibentuk seperti segitiga atau kerucut dan dimasak dengan cara dikukus,

Related posts